MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI

  • Siti Yumnah STAI Pancawahana Bangil Pasuruan
Keywords: Integrasi;, Multikultural;, Nilai;, Pembelajaran PAI.

Abstract

Indonesia merupakan negara berdaulat yang memiliki keragaman budaya yang masih tetap terpelihara dengan baik. Namun akibat laju perkembangan zaman yang semakin kencang, banyak isu ataupun desas-desus mengenai paham intoleransi yang sedang menjangkiti tubuh dikalangan masyarakat maupun kebudayaan kita. Adapun upaya untuk membendung paham intoleransi tersebut agar tidak menjalar kemana-mana ialah melalui jalur pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam. pendidikan agama Islam diharapkan mampu mewujudkan perbaikan sikap, dan mental, peserta didik yang religius dan multikulturalis agar terbentuk peserta didik yang memiliki karakter toleransi. Salah satu upayanya ialah melalui pengintegrasian nilai-nilai multikultural ke dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. tujuan integrasi nilai-nilai multikultural tersebut ke dalam pembelajaran pendidikan agam Islam supaya menambah pengetahuan, mengembangkan sikap toleransi, dan tingkah laku untuk dapat hidup saling menghormati, toleran, penuh perdamaian, saling membantu, dan anti kekerasan. Pendidikan multikultural yang dilakukan bertujuan untuk mewujudkan persaudaraan sejati antar umat beragama yang dilandasi dengan sikap toleransi-aktif, kejujuran, penghargaan terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan.

References

An-Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 1995.
Asy’arie, Musa. Dialektika Agama untuk Pembebasan Spiritual, Yogyakrta: Lesfi, 2002.
Bagir, Zainal Abidin. Integrasi Imu Dan Agama, Bandung: Mizan Pustaka, 2010.
Kalidjernih, Freddy K. Puspa Ragam Konsep Dan Isu Kewarganegaraan, Bandung: Widyaswara Press, 2011.
Kosim, Muhammad. Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural, dalam Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikulturalisme, Jakarta: Balai LITBANG Agama , 2009.
Linton, Ralph. Antropologi; Suatu Penyelidikan Tentang Manusia, Bandung: Jemmars, 1984.
Madjid, Nurcholis. Pluralitas Agama; Kerukunan dalam Keragaman, Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2001.
Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Mulkhan, Abdul Munir. Cerdas di Kelas Sekolah Kepribadian, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2002.
Muslih, M. “Implementasi Integrasi Agama dan Sains: Studi Pembelajaran Ayat-Ayat Kauniyah di SMA Trensains Pesantren Tebuireng 2 Jombang”. Tesis, UIN Sunan Ampel, 2016.

Naim, Ngainun dan Sauqi, Achmad. Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.
Soekanto, Soerjono. Kamus Sosiologi, Jakarta: Rajawali Press, 1983.
Suryana, Yaya. Pendidikan Multikultural, Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.
Tilaar, HAR. Kekuasaan dan Pendidikan, Indonesia, Magelang: Tera. 2003.
Tobroni. Pendidikan Kewarganegaraan: Demokrasi, HAM, Civil Society dan Multikulturalisme, Yogyakarta: Nuansa Aksara, 2007.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktik, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007.
Truna, Dody S. Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikulturalisme Jakarta: Kementrian Agama RI, 2010.
Zamroni. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural, Yogyakarta: Gavin Media Utama, 2011.
Published
2020-01-31
How to Cite
Yumnah, Siti. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER TOLERANSI”. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 1 (January 31, 2020): 13-24. Accessed September 21, 2020. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/103.