Peningkatan Prestasi Bahasa Arab Siswa melalui Media Teka Teki Silang di MA Ma‘Arif 07 Banjarwati Paciran Lamongan
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab di MA Ma’arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan masih belum terlepas dari permasalahan. Diantara permasalahan tersebut adalah rendahnya prestasi belajar bahasa Arab pada aspek menulis dan merangkai kata/kalimat dan rendahnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab pada aspek imla’. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian siswa kelas XI-K IPS MA Ma’arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan tahun pelajaran 2020/2021. Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media Teka Teki Silang (TTS) dapat meningkatkan prestasi belajar imla’ bahasa Arab siwa kelas XI-K IPS MA Ma’arif 7 Banjarwati. Hal ini dapat diketahui dari ketuntasan belajar pada siklus I diperoleh rata-rat nilai 67%, dan pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 73% dan pada siklus III diperoleh rata-rat nilai 93%.
Downloads
References
Ainin, Mohammad, Metodologi Penelitian Bahasa Arab, Malang: CV. Bintang Sejahtera, 2016.
Arikunto, Suharismi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. RinekaCipta, 2013.
Asrori, Imam, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Miskyat, 2012.
Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Nuha, Ulin, Metodologi Super Efektif Pembelajaran BahasaArab, Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Nuha, Ulin, Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Diva Pres, 2016.
Rosyidi, Abdul Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang:
UIN Maliki Press, 2012.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.
Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Surabaya: Pustaka Fajar, 2011.
Copyright (c) 2021 Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.