Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan di SMK Idhotun Nasyi’in Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan

  • Indah Eka Sari Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Muh. Hasyim Rosyidi Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
Keywords: Strategi, Kepemimpinan, Mutu Lulusan

Abstract

Kepala sekolah mempunyai peran dan tanggung jawab terhadap keberhasilan proses belajar mengajar di kelas dalam lingkup mikro atau disekolah dalam lingkup makro. Di SMK Idhotun Nasyi’in Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan para alumni banyak yang bekerja, dan ada juga yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam peningkatan mutu lulusan, peranan kepala sekolah sangat penting khususnya pada aspek strategi. Untuk itu semua strategi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan perlu dilakukan. Adapun komponen mutu yang harus ada untuk mendukung pendidikan ialah kepemimpinan yang berorientasi pada mutu, pendidikan dan pelatihan (diklat), struktur pendukung, pengajaran dan pengukuran (evaluasi). Kepala sekolah dalam membuat strategi dalam meningkatkan mutu Lulusan Di SMK Idhotun Nasyi’in dengan meningkatkan sumber daya  guru melalui diklat, memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan, mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan lembaga, meningkatkan mutu pembelajaran, membuat program yang bisa mengembangkan potensi peserta didik, hasil penelitian ini dikuatkan dengan teori Djanaid mendefinisikan sebagai perencanaan (planning) dan (management) untuk mencapai suatu tujuan, tetapi untuk mencapai tujuan tersebut strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah saja, melainkan harus mampu menunjukkan bagaimana taktik operasional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kompri. Manajemen Pendidikan: Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Muhaimin, dkk. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: alfabeta, 2017.

................. Metode Penelitian Pendidikan,: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

Sukamdinata, Nana Syaodah. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Moeleng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Published
2021-01-31
How to Cite
Sari, Indah Eka, and Muh. Hasyim Rosyidi. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMK Idhotun Nasyi’in Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan”. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (January 31, 2021): 27-39. Accessed April 17, 2021. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/137.
Section
Articles