MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • admin admin
  • Haris Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan
Keywords: Manajemen lembaga pendidikan Islam, Revolusi industri 4.0

Abstract

Industri 4.0 bukan hanya sekedar jargon. Pada kenyataannya, hingga saat ini, Indonesia
masih memerlukan transformasi infrastruktur IT, penegakkan kedaulatan data dan
akhirnya undang-undang perlindungan data pribadi. Masalah-masalah yang terjadi pada
hari ini, tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara sama seperti dalam konsep yang
lampau. Revolusi Indsutri 4.0 tidak mungkin hanya dihadapi dengan pengembangan
teknologi tanpa melibatkan dinamika sosial di dalamnya. Selain menyiapkan daya saing
yang unggul, perlu dibangun kesadaran dan kedewasaan masyarakat dalam menyikapi
perkembangan dunia saat ini, terutama di zaman post truth, ketika informasi yang
mengalir deras tanpa kejelasan kebenarannya. Perlu dirumuskan strategi kebijakan
nasional melalui kesadaran dan kedewasaan berpikir. Disamping itu, pendidikan
masyarakat perlu mulai diadaptasikan untuk memenuhi kebutuhan keahlian di era industri
4.0. Tenaga pendidik, tenaga kependidikan, pengelola lembaga pendidikan Islam juga
memerlukan manajemen baru dan memiliki andil dalam mengisi industri 4.0, terutama
dari sisi nilai-nilai yang dibangun, sebab tidak berarti industri 4.0 tanpa ekses negatif. Di
situlah agama dapat berperan.

Published
2019-04-22