MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA OLEH KEPALA MADRASAH DI MI NASHRUDDIN SUMURBER PANCENG GRESIK

  • Muhammad Muhyiddin Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
Keywords: Manajemen;, Kepemimpinan;, Sarana-prasarana;, Madrasah.

Abstract

Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam begitu penting perannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Demi memperlancar proses pembelajaran di sebuah lembaga pendidikan maka ketersediaan sarana dan prasarana begitu dibutuhkan. Walaupun begitu terbatasa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh lembaga madrasah, maka pentingnya peran pimpinan sebagai ujung tombak majunya sebuah lembaga pendidikan khususnya dalam memenuhi sarana dan prasarana yang memiliki standar minimal, begitu pula di MI Nashruddin Desa Sumurber Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. penelitian ini bertujuan menjawab beberapa rumusan masalah; pertama, tentang peran kepala madrasah dalam pengadaan srana dan prasarana madarsah di MI Nashruddin Sumurber Panceng Gresik. Kedua, adalah bagaimana pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana di MI Nashruddin Sumurber Panceng Gresik?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview atau wawancara serta dokumentasi. Kepala madrasah dalam upaya pengadaan sarana dan prasarana madrasah dilakukan lewat koordinasi dengan Waka sarana dan prasarana madrasah, penerimaan dana BOS dan sumbangan dari organisasi masyarakat serta organisasi partai poltik. Hal yg perlu dicermati dalam hal pengelolaan kepala sekolah melimpahkan tugas sepenuhnya kepada waka sarana dan prasarana dalam mengelola sarana dan prasarana madrasah. Sedangkan dalam hal pendayagunaan kepala madrasah mengupayakan untuk mendorong seluruh guru dalam mendayagunakan sarana yang ada didalam proses belajar mengajar yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam kegiatan proses pembelajaran. Disarankan perlunya konsistenitas dan kontinu dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta menambah relasi dan melibatkan berbagai stakeholder yang ada di lembaga tersebut demi pencapaian program madrasah.

References

Arikunto, Suharismi. Prosedur Penelitian Satu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Astuty. “Peran Kemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru di SMK Negeri 2 Kabupaten Penajan Pasar Utara”. Skripsi, Universitas Mulawarman, 2017.

Barnawi & M. Arifin. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media , 2012.

Ghony, M. Djunaidi & Fauzan Almanshur, Metodologi penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Rahman Ruzz Media, 2014. Juasri, Kepala Madrasah MI Nashruddin Sumurber, Wawancara, Panceng Gresik, 5 Desember 2018 Pukul 10:00 WIB.

Margono, S. Metode Penelitian Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Megasari, Rika. “Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukit Tinggi, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 2 No. 1 (Juni 2014)

Muslih, M. “Implementasi Integrasi Agama dan Sains: Studi Pembelajaran Ayat-Ayat Kauniyah di SMA Trensains Pesantren Tebuireng 2 Jombang”. Tesis, UIN Sunan Ampel, 2016.

Nurbaiti, “Manajemen Srana dan Prasarana Sekolah” Manajer Pendidikan, Vol. 9, No. 4 (Juli, 2015).

Sani, Ridwan Abdullah. et. al, Penelitian Pendidikan. Tanggerang: Tsmart 2018.

Syukur, Fatah. Manajemen Pendidikan Berbasis Pada Madrasah. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2017.

Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003.

Usman, Basyaruddin. dan Asnawi, Media Pembelajaran. Jakarta; Ciputat Press, 2002.

Published
2020-04-27
How to Cite
Muhyiddin, Muhammad. “MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA OLEH KEPALA MADRASAH DI MI NASHRUDDIN SUMURBER PANCENG GRESIK”. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (April 27, 2020): 66-74. Accessed June 7, 2020. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/86.