“SUPERMAN” MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI SEKOLAH DI GUGUS 04 KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN

  • Muslih Muslih Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Yetty Dwi Novia Anggraeni M. SDN Manyar Sekaran Lamongan
Keywords: Administrasi;, Kepemimpinan;, Manajerial;, Kepala Sekolah;, Pengawas.

Abstract

Kepala sekolah sebagai manajer tertinggi di satuan pendidikan yang dipimpinnya dituntut untuk memiliki kemampuan (ability) manajerial yang apik, Serta berbagai kompetensi yang melekat pada profesinya. Memiliki kompetensi manajerial dalam penyusunan administrasi sekolah merupakan salah satu yang harus dimiliki kepala sekolah tersebut. berdasarkan pengamatan peneliti didapatkan masih rendahnya kemampuan manajerial kepala sekolah di Gugus 04 Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan dalam menyusun administrasi sekolah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun administrasi sekolah yang dilakukan oleh pengawas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang yakni kepala sekolah dari masing-masing satuan pendidikan di Gugus 04 Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Kegiatan penelitian meliputi (1) tahap perencanaan (2) pelaksanaan supervisi manajerial  secara kelompok (Penataran tingkat lokal)) dalam siklus I dan supervisi manajerial secara individu (percakapan individu)) dalam siklus II (3) menganalisa data (4) pembahasan (5) membuat laporan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun administrasi sekolah dibuktikan dengan hasil observasi selama kegiatan berlangsung dan penilaian terhadap administrasi sekolah yang dibuat. Berdasarkan hasil analisis pada masing masing siklus menunjukkan peningkatan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun administrasi sekolah yakni: Pada siklus I diperoleh  nilai rata-rata terhadap administrasi sekolah yang disusun  yaitu  66,25 dan pada siklus II  terjadi peningkatan sebesar 15,12% sehingga nilai-rata administrasi sekolah yang dihasilkan pada siklus II  menjadi 81,37. Dengan  demikian disimpulkan bahwa melalui kegiatan SUPERMAN dapat meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun administrasi sekolah di Gugus 04 Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2016/2017.

References

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 2001.

________________. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Bafadal, I. “Penilaian Kinerja Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas Sekolah”. Manajemen Pendidikan, Volume 25, Nomor 1, (Maret, 2016), 1-9.

Dirawat. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, 1986.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas. Jakarta: Dirjen PMTK, 2009.

Dirjen GTK Kemendikbud, Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madraasah. Jakarta: Kemdikbud, 2017.

Hikmat. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2009.

Mulyasa, E. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Peraturan Menteri Pendidkan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2007.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2010 Tentang Pengangkatan Kepala Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Purwanto, Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan PSDMP dan PMP, Buku Kerja Kepala Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Rohmatika, Ratu Vina. “Urgensi Supervisi Manajerial Untuk Peningkatan Kinerja Sekolah”, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Volume 9, Nomor 1, (Februari 2016), 6-7.

Saputra, Bagus Rachmad. “Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah pada Sekolah Umum Berciri Khas Islam”, JMSP; Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Volume 2, Nomor 2, (Maret, 2018), 103.

Sundrajat, Akhmad. “Konsep Supervisi Manajerial” bisa dibaca lebih lengkap pada blog: https:// akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/11/20/supervisi-manajerial/ diakses pada 20 April 2016.

________________, “Metode Supervisi Manajerial” bisa dibaca lebih lengkap pada blog: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/08/13/metode-supervisi-manajerial/ diakses pada 20 April 2016.

Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Sohiron, Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Pekan Baru, Kreasi Edukasi, 2015.

Wulandari, Resi Yulia “Implementasi Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pengelola Perpustakaan”, Manajer Pendidikan, Volume 10, Nomor 2, (Maret 2016), 136

Published
2020-07-31
How to Cite
Muslih, Muslih, and Yetty Dwi Novia Anggraeni M. “‘SUPERMAN’ MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI SEKOLAH DI GUGUS 04 KECAMATAN BABAT KABUPATEN LAMONGAN”. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 2 (July 31, 2020): 71-90. Accessed January 25, 2021. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/90.