MANAJEMEN PROGRAM PAGER DALAM INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 46 DAN SMP NEGERI 56 SURABAYA

  • Miftakhul Fanani Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Manajemen;, Program PAGER;, Internalisasi;, Karakter;, Religius.

Abstract

Dekadensi moral dan akhlak remaja di era globalisasi ini sudah tidak bisa dihindari lagi. Berbagai permaslahan kenakalan remaja telah menjerat hampir seluruh remaja dan siswa dikalangan sekolah pertama terutama didaerah perkotaan, mulai dari seks bebas, narkoba, dan tawuran antar pelajar, Sehubungan dengan bonus demografi pada tahun 2045 indonesia akan mencapai 100 tahun, sebagai salah satu solusinya pemerintah kota Surabaya melalui dinas pendidikan mencetuskan adanya program penguatan aqidah generasi emas surabaya (pager) untuk diimplementasikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Program PAGER di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya. Bagaimana internalisasi karakkter religius siswa di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yakni fenomenologis dan interaksi simbolik. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa proses pendidikan karakter melalui program pager di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya sudah berjalan selama dua tahun mulai dari diresmikan pada 20 februari 2018. Kegiatan ini merupakan pengembangan dari program Dinas Pendidikan Kota Surabaya Krakter siswa di kedua sekolah tersebut hampir mempunyai kesamaan karena siswa banyak dilingkungan yang kurang baik tetapi setelah mereka mendapatkan pendidikan karakter terdapat perubahan. Konsep dan implementasi pager mempunyai persamaan sebab program yang ada merupakan intruksi langsung dari dinas pendidikan kota Surabaya dan sekolah hanya menjalankan perintah atas program tersebut namun dalam hal teknis pelaksanaan ada perbedaan dari masing masing sekolah. Dalam pendidikan karakter desain pager meliputi tiga hal, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

References

Afandi,Rifki. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, Pedagogia”, Vol. 1, No. Desember, 2011.
Asmani, Jamal Ma’ruf. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah, Cet.4, Jogjakarta: Diva Press, 2012.
Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Tanamkan Aqidah Sejak Dini, Cetak Generasi Qur’ani, Berbudi dan Berprestasi, dalam materi sosialisasi Program PAGER-MGMP PAI SMP Kota Surabaya, 20 Februari 2018.
Hidayat, Asep Saepul. “Manajemen Sekolah Berbasis Karakter”,Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Vol. 1, No. 1 Januari, 2011.
Hidayatullah, M. Furqon. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.
Howa, Said. Perilaku Islami, Jakarta: Studio Press, 1994.
James P., Chaplin. Kamus Psikologi, (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 1993.
Kaimuddin, “Implementasi Pendidikan KarakterDalam Kurikulum 2013”, Jurnal Dinamika Ilmu,Vol. 14. No. 1 Juni, 2014.
Keosoema, Doni. Pendidikan Karakter Integral, Kompas. 11, Pebruari, 2010.
Kusno, dkk., “Model Pendidikan Karakter Religius Berbasis Pada PengetahuanMatematika Sekolah, Jurnal Khazanah Pendidikan, Vol. 7, No. 1 September, 2014.
Ma’sum, Asrori. “Desain Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter”, Jurnal Tafaqquh, Volume 4, Nomor 2. Desember, 2016.
Mansyur, Agus Salim.“Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter: Konsepsi Dan Implmentasinya”, Jurnal Pendidikan,Vol. 1, No. 1 2007.
Muhaimin, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra media, 1996.
Pemerintah Kota Surabaya dan Kemenag, “Lewat PAGER, Bentuk Karakter Pelajar Berakhlak Mulia”, dalam sosialisasi program PAGER guru PAI SMP Negeri dan Swasta Kota Surabaya, 21 Februari 2018.
Purwanti, Lestari Ning. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK): Referensi Pembelajaran untuk Guru dan Siswa SMP/MTs, Jakarta: ERLANGGA, 2019.
Putry, Raihan.“Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas”, Jurnal Gender Equality, Vol. 4, No. 1 Maret, 2018.
Sahlan, Asmaun Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah, Malang: UIN-Maliki Press, 2009.
Samal, Abd. Latif.“Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dan Perguruan TinggiMelalui Pembelajaran Aktif”, Jurnal Iqra’, Vol. 11. Nomor 1,Mei, 2017.
Siswanto, “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius”, Jurnal Tadris,Volume 8, Nomor 1 Juni, 2013.
Suroso, Djamaludin Ancok dan Fuad Nashor.i Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.
Thoha, Chabib. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2000.
Unggul Priyadi dkk, “Peningkatan Mutu Pembelajaran Taman Pendidikan Alquran Dengan Pembuatan Kurikulum TPA”, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Vol. 2, No. 1 Januari, 2013.
Published
2020-07-31
How to Cite
Fanani, Miftakhul. “MANAJEMEN PROGRAM PAGER DALAM INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 46 DAN SMP NEGERI 56 SURABAYA”. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 2, no. 2 (July 31, 2020): 31-50. Accessed January 25, 2021. http://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/98.