HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KEBERHASILAN PROSOSIAL SISWA TUNA GRAHITA RINGAN ( C ) DI SLB.C KEMALA BHAYANGKARI 2 GRESIK

  • admin admin Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan
  • Afni Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Himma Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan
Keywords: Pola Asuh Demokratis Orangtua, Perilaku Prososial, Tunagrahita Ringan

Abstract

Pola asuh orang tua sangat berpengaruh sebagai penopang keberhasilan
prososial anak tunagrahita ringan. Perilaku tolong menolong, atau bisa disebut
juga perilaku Prososial sangat di pengaruhi oleh pola asuh orang tua yang pada
dasarnya perilaku sosial pertama kalinya yakni berasal dari orang tuanya, karna
orang tua merupakan pendidik utama dan pertama sebelum anak memperoleh
pendidikan di sekolah, karena dari keluargalah anak pertama kalinya belajar.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan secara empiris ada tidaknya
hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan keberhasilan prososial siswa
tuna grahita ringan (C) di SLB. C Kemala Bhayangkari 2 Gresik. Subjek dalam
penelitian ini berjumlah 27 siswa–siswi Tunagrahita Ringan (C) dari populasi 27
siswa sisiwi Tunagrahita Ringan. Pengambilan subjek menggunakan teknik
sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan alat ukur pola asuh
demokratis orang tua dan alat ukur perilaku prososial. Data penelitian tersebut
selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi Spearmant Rank. Hasil dari
penelitian ini adalah ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh
demokratis orang ua dengan perilaku prososial siswa tuna grahita ringan (C) di
SLB. C Kemala Bhayangkari 2 Gresik ditunjukkan dengan nilai (r) = 0,779 dan
(p) = 0,000 (p<0,05).

Published
2020-09-16