PENGAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH; PERMASALAHAN DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA

  • Rosikh Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan
  • Nashihin Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan
  • admin admin Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan
Keywords: Pembacaan Keterampilan, Membaca Bahasa Arab

Abstract

Keterampilan membaca (maharah al-qiro’ah) dalam pembelajaran bahasa Arab di
Madrasah Aliyah merupakan salah satu keterampilan dari empat keterampilan
dasar berbahasa yang harus diajarkan oleh pengajar dan dikuasai oleh peserta
didik. Dalam realitanya di lapangan menunjukan bahwa pengajaran keterampilan
membaca bahasa Arab yang dilakukan oleh guru belum semuanya berjalan dengan
baik, bahkan masih banyak dijumpai berbagai permasalahan yang mengakibatkan
tujuan pembelajaran tidak bisa tercapai. Oleh karenanya, guru perlu memahami
dan menguasai berbagai aspek penting dalam pengajaran keterampilan membaca
agar kegiatan pengajaran dapat berjalan dengan baik dan tujuan pengajaran yang
telah ditetapkan dapat tercapai.

Published
2020-09-16