MODEL PEMBELAJARAN STUDI TEKS DI MADRASAH MUALLIMIN MUALLIMAT PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING BAGI SISWA

  • Rohman Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan
  • Siswadi Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan
  • admin admin Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan
Keywords: Pembelajaran, Studi Teks

Abstract

Pondok pesantren Sunan Drajat merupakan institusi pendidikan Islam
yang secara istiqomah memiliki misi mencetak santri-santri yang memiliki
kompetensi dalam ilmu-ilmu keagamaan (tafaqquh fiddin). Di pondok pesantren
ini didapati beberapa lembaga diantaranya adalah lembaga Muallimin Muallimat
(MMA), dilembaga MMA santri digembleng untuk memiliki kompetensi dalam
menelaah dan mengkaji teks-teks yang berbahasa Arab khususnya kitab kuning.
Dalam rangka mewujudkan misi tersebut, penguasaan terhadap gramatikal bahasa
arab menjadi bagian yang sangat penting. Karena itulah kemudian MMA
menjadikan kajian-kajian analisa terhadap ilmu Nahwu (sintaksis) dan Shorof
(morfologi) menjadi menu wajib yang diintegerasikan dalam kurikulum dengan
sebutan Studi Teks. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan investigasi untuk
mencari formulasi pembelajaran Studi Teks di MMA dengan melakukan telaah
terhadap tahapan-tahapan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan,
hingga evaluasi pembelajaran Studi Teks. Adapun metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif diskriptif yang berupaya mengumpulkan
informasi sebanyak-banyaknya melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi
untuk selanjutnya dikaji serta dianalisis dan menarik hasil akhir berupa
kesimpulan. Adapun kesimpulan yang diperoleh sebagai hasil dari penelitian ini
adalah (1) Perencanaan pembelajaran Studi Teks di MMA diformulasikan berupa
distribusi materi pada kitab-kitab rujukan (Matnu al Ghoyah wa Attaqrib dan
Fathul Qorib); (2) Pelaksanaan pembelajaran Studi Teks di MMA meliputi 4
tahapan berdasarkan jenjang kelas diantaranya : Pembukaan, kegiatan inti 1,
kegiatan inti 2, penutup; (3) evaluasi pembelajaran Studi Teks di MMA
menggunakan teknik tes dan non tes, dan evaluasi pembelajaran diterapkan secara
komprehensif dan utuh karena evaluasi dilakukan pada ranah kognitif,
psikomotorik dan afektif.

Published
2020-09-16