تأثير الخلفية التعليمية للمعلم على كفاءة فيداجوجية لتدريس اللغة العربية في المدرسة الإبتدائية في كانيغورو بليتار

Authors

  • Ahsanil Kholiqin UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • M Sholih Salimul Uqba UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ryan Wahyu Wijayanto UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Rizqi Ramadhan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.55352/pba.v4i2.1127

Keywords:

اللغة العربية, الخلفية التعليمية, الكفاءة الفيداجوجية

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap kompetensi pedagogik pengajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah di Kanigoro Blitar. Penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian ex-post facto. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penyebaran angket. Subjek penelitian ini adalah 20 guru bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah di Kanigoro Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara latar belakang pendidikan guru terhadap kompetensi pedagogik yang diketahui dari uji korelasi memiliki nilai Rsquare sebesar 35,9% serta uji t memiliki nilai t hitung 0,005. Karena nilai dari uji t kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh sebesar 35,9% antara latar belakang pendidikan guru terhadap kompetensi pedagogik pengajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah di Kanigoro Blitar. Adapun dengan adanya penelitian ini, diharapkan kepada guru mata pelajaran bahasa Arab untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta selalu meningkatkan skill dan kompetensi pedagogik yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

إيمان فنوح و عائدة ساحل، البحث العالمي: مصطلحات التعليمية في مناهج التعليم البتدائي أنشطة اللغة العربية "أنموذجا، (جيجل: جامعة محمد الصديق بن يحي الجمهورية الجزائرية الديمقراطية الشعبية، 2016)

سيلفي، البحث العالمي: تأثير الخلفية التعليمية على اهتمام طلاب الفصل العاشر بتعلم اللغة العربية في المدرسة العالية دارالسلام بنجكولو، (بيجكولو: الجامعة فاتموات سوكرنو بنجكولو الإسلامية الحكومية، 2022)

طويل مصعب و درنوني أشرف بوزيد، مذكرة التخرج، أهمية البيداغوجية التطبيقية في الرفع من كفاءة التدريس لدى طلبة سنة اولى ماستر، (بسكرة: جامعة محمد خيضر الجمهورية الجزائرية الديمقراطية الشعبية، 2022)

Al-Saadi, S. The Relationship between Teachers' Educational Background and Pedagogical Competence in Teaching Arabic Language in Primary Schools, 5(2), Journal of Education and Learning.

Adienk, Fayaz Mahassin Syifa’i. 2022. Praktik Penggunaan Platform Microsoft Office 365 Dalam Pembelajarandaring Pada Mata Pelajaran PAI Di SDN Manukan Wetan IV Surabaya. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Aisyah, Siti. 2018. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau.

Andini, Deassy May dan Supardi, Endang. 2018. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Control Latar Belakang Pendidikan Guru. Vol. 3, No. 1, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.

Bab 4 Pasal 8 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

BAB 5 Pasal 13-16 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Das, Salirawati. 2018. Smart Theaching Solusi menjadi Pendidik Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Anwar. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriana, Rina. 2019. Kompetensi Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartono, Rudi. 2014. Ragan Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Nawawi, Haidar dan Martini, Mimi. 1994. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Notosudirjo, Suwardi. 1990. Kosakata Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Purwanto, M. Ngalim. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Selian, Nurhaida dan Khodijah, Siti. 2022. Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Bengkalis. Vol 2, Journal of Early Childhood and Character Education.

Siregar, Sofiyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Manual & SPSS. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Subchan, M. Arif. 2021. Memahami Latar Belakang Pendidikan Peserta Didik: Telaah Tentang Transfer Dan Transformasi Belajar. Jurnal Perspektif: Yayasan Jaringan Kerja Pendidikan Bali.

Sugandi, Achmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: PT Unnes Press.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyoko, Bandi. 2019. Kontribusi Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Pengalaman Mengajar Guru, Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 2 (6).

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras.

Yamin, Martinis. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Ahsanil Kholiqin, M Sholih Salimul Uqba, Ryan Wahyu Wijayanto, & Muhammad Rizqi Ramadhan. (2024). تأثير الخلفية التعليمية للمعلم على كفاءة فيداجوجية لتدريس اللغة العربية في المدرسة الإبتدائية في كانيغورو بليتار. Kilmatuna: Journal Of Arabic Education, 4(2), 124–138. https://doi.org/10.55352/pba.v4i2.1127