Navigating the Challenges of Arabic Language Learning in Society 5.0: Embracing Digital Transformation
DOI:
https://doi.org/10.55352/pba.v4i2.1128Keywords:
Society 5.0, Challenges, Arabic Language LearningAbstract
Pembelajaran bahasa Arab di era Society 5.0 menghadapi berbagai tantangan yang berkaitan dengan integrasi teknologi dalam pendidikan. Di era ini, teknologi telah menjadi bagian integral dari pembelajaran, namun penerapannya dalam pengajaran bahasa Arab masih menemui beberapa hambatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi tantangan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab di era ini, seperti kesiapan pendidik, kesenjangan digital, dan dehumanisasi interaksi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan menganalisis berbagai sumber literatur terkait tantangan pembelajaran bahasa Arab era society 5.0. Melalui penelitian ini, ditemukan data bahwa meskipun teknologi dapat meningkatkan pengalaman belajar, implementasi pembelajaran Bahasa Arab yang berbasis teknologi masih menghadapi kendala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi kurikulum harus lebih fleksibel dan inklusif agar dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran bahasa Arab di era Society 5.0, dengan tetap mempertahankan nilai-nilai pendidikan yang humanis dan kontekstual.
Downloads
References
Agit, A., Mujahidin, & Amiruddin, N. (2023). Evaluasi Pengggunaan Teknologi Terhadap Efektivitas Belajar. Journal Educandum , 9(1), 31–42. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/1051
Aisyah Tidjani. (2017). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Reflektika, 13(1), 1–31. http://ejournal.idia.ac.id/index.php/reflektika/article/view/74
Alfalah, R. (2022). Menjadi guru di era society 5.0 : Tantangan dan Peluang. Open Society Foundations (OSF). https://osf.io/4h38b/
Anggi Nurul Baity, & Putri Kholida Faiqoh. (2022). Optimizing Arabic Learning for University Students through 4C Skills of 21st Century. Kilmatuna: Journal Of Arabic Education, 2(2), 281–292. https://doi.org/10.55352/pba.v2i2.79
Area, U. M. (2024). Dampak Teknologi Terhadap Kesehatan Mental. Https://P2ti.Uma.Ac.Id/Dampak-Teknologi-Terhadap-Kesehatan-Mental/.
Azhar, M., Wahyudi, H., Promadi, & Masrun. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3160–3164. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20984/15794
Baity, A. N., & Faiqoh, P. K. (2024). Desain Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka. Tadris Al-Arabiyat, 4(1), 90–108.
Dan, P., & Era, P. (2024). MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI UNTUK PENINGKATAN. AT-TAJDID: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 08(01), 127–140.
E. B., G. A. (2023). Globalisasi Budaya, Homogenisasi dan Pengaruhnya terhadap Identitas Budaya Lokal. Janaloka : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2 DESEMBER), 71. https://doi.org/10.26623/janaloka.v1i2desember.8222
Ernawati, Suti’ah, Taufiqurrochman, & Oktavera, H. (2024). PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB. Jurnal Kreativitas Pendidikan Modern, 6(3), 366–377.
Fadilla, N. (2020). Kesenjangan Digital di Era Revolusi Industri 4.0 dan Hubungannya dengan Perpustakaan sebagai Penyedia Informasi. Libria, 12(1), 1–14.
Fitria, A. Z. (2023). Maladaptasi Guru Terhadap Penggunaan Teknologi Pembelajaran Di Era Digital ( Studi Pada MTsN 7 Ciamis). Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 3, 1349–1362.
Hidayah, N., Parihin, & Rusandi, H. (2023). Dampak Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal of Millenial Education (JoME), 2(1), 89–98. https://journal.mudaberkarya.id/index.php/JoME
Jamil, H., & Agung, N. (2022). Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 38–51. https://doi.org/10.19105/ajpba.v3i1.5536
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan teknologi. (2021). Menyiapkan Pendidik Profesional Di Era Society 5.0. Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Detail/Menyiapkan-Pendidik-Profesional-Di-Era-Society-50#.
Kindangen, F. S., & Katuuk, K. Al. (2023). Peran Penting Manusia Dalam Pendidikan Bahasa: Menjembatani Transformasi Teknologi Dengan Interaksi Manusia. Wunong of Educational Research, 2(1), 26–33.
Kompasiana. (n.d.). Kesenjangan Digital Pendidikan di Indonesia: Mengatasi Ketidakmerataan Pendidikan di Indonesia. Https://Www.Kompasiana.Com/Triariqoh1/668170cc34777c3cfc2c56b2/Kesenjangan-Digital-Pendidikan-Di-Indonesia-Mengatasi-Ketidakmerataan-Pendidikan-Di-Indonesia.
Kompasiana. (2023). Kesenjangan Digital di Era Digitalisasi dalam Dunia Pendidikan. Https://Www.Kompasiana.Com/Larasmayangthika3172/655b5f39fcd68f5d7223f782/Problematika-Kesenjangan-Digital-Di-Era-Digitalisasi-Dalam-Dunia-Pendidikan.
Ma’arif, A. I., & Nursikin, M. (2024). Pendidikan Nilai di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 326–335. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.254
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Manasiq, G. (2022). Evolusi Konsep Pembelajaran Bahasa Arab: Tinjauan Sistematis terhadap Orientasi Pembelajaran Klasik dan Kontemporer. Maharot: Journal of Islamic Education, 6(1). https://ejournal.idia.ac.id/index.php/maharot/article/view/1515%0Ahttps://ejournal.idia.ac.id/index.php/maharot/article/download/1515/942
Nisa, K. (2023). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum: Antara KBK, KTSP, K13 Dan Kurikulum Merdeka. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 118–126. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v2i2.21603
Niwanda, A., Harahap, M. A., Rahmadani, P., William, J., Ps, I. V, Baru, K., Percut, K., Tuan, S., & Serdang, K. D. (2024). Bahasa dan Budaya Sebagai Cerminan Kepribadian Seseorang Perspektif Kasus Budaya Jawa. 4(3), 184–192. https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1485
Nur, S. A., Mahya, A. F. P., & Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, Dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), Vol. 01 No, 18–28.
Nurhayani. (2023). Peran Teknologi Digital dalam Mewujudkan Merdeka Belajar: Tantangan dan Peluang Bagi Pendidikan Masa Depan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Isilam, 3(3), 124–134. https://doi.org/10.33096/JMS.V3I2.1105.
Pratomo, I. W. P., & Wahanisa, R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 547–560. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.730
Putra, P. A. N. (2024). Keterbatasan Akses Dan Infrastruktur Dalam Keberlangsungan Pendidikan Vokasional. Netizen: Journal of Society and Bussiness, 1(5), 249–254.
Putri, R. M., Sari, R., Hasanah, U., & Habibillah, Z. (2024). Manfaat dan Kesenjangan Alat Pendidikan di Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 46–51.
Rahmatiah, H. A., & Asiyah, N. (2019). Kesenjangan Generasi Antara Guru dan Murid Sebagai Tantangan Digitalisasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 308.
Riyan Afandi, M., Ramdhani, M. A., Rizky, M., Setiawan, E., Majid, A., Abdurrahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (2022). Tantangan dan Strategi dalam Menggunakan Assessment untuk Meningkatkan Pembelajaran di Era Digital. Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 552–562.
Rochmawati, D. R., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan Untuk Pendidikan. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informatika, 2(1), 124–134. https://doi.org/10.59820/tekomin.v2i1.163
Salsabila Azahra. (2024). Implikasi Perubahan Kurikulum Pendidikan Nasional Terhadap Kualitas Pembelajaran Dan Prestasi Siswa. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2(5), 319–326. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i5.1075
Sinambela, S. M., Lumbantobing, J. N. Y., Saragih, M. D., Mangunsong, A. F., Nisa, C., Simanjuntak, J. P., & Jamaludin, J. (2024). Kesenjangan Digital dalam Dunia Pendidikan Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 15–24. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/3003
Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66. https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/view/854%0Ahttps://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira/article/download/854/918
Siswanto, E. (2021). Tantangan dan Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Era Society 5.0. International Journal of Disabilities and Sosial Inclusion (IJODASI), 01(02), 26–34.
University, M. (2023). Menghadapi Tantangan dan Peluang Teknologi dalam Dunia Pendidikan Modern. Https://Masoemuniversity.Ac.Id/Berita/Menghadapi-Tantangan-Dan-Peluang-Teknologi-Dalam-Dunia-Pendidikan-Modern.Php.
Wahyudiono, A. (2023). Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Tantangan Era Society 5.0. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 124–131. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1234