تطوير كتاب تقويم حفظ العمريطي لتعليم علوم النحو في الصف الأول (أ) بالمدرسة الدينية التكميلية الأولية للبنات معهد منبع الصالحين جرسيك
DOI:
https://doi.org/10.55352/pba.v4i2.1168Keywords:
Evaluation Book, Memorization of Imrithi, Nahwu ScienceAbstract
Permasalahan dalam proses evaluasi hafalan imrithi pada pembelajaran ilmu nahwu yang ada pada madrasah diniyah Pelengkap Tingkat Pertama Untuk Santri Putri Pondok Mambaus Sholihin adalah belum adanya buku baik untuk mengevaluasi hafalan secara tertulis, sehingga terkadang santri hafal hanya dalam lisan ,tapi masih salah dalam penulisan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mempunyai gagasan untuk menciptakan sebuah produk pengembangan buku evaluasi hafalan imrithi untuk digunakan para santri dalam mengevaluasi hafalan imrithi secara penulisan. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Dengan jumlah populasi 1.015, dan sampel penelitian sebanyak 41 santri. Adapun instrumen penelitian yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian pada subjek uji coba diperoleh nilai rata-rata pre-test secara keseluruhan sebesar 72,8 sedangkan setelah menggunakan Pengembangan Buku Evaluasi Hafalan Imrithi Pada Pembelajaran Ilmu Nahwu maka nilai rata-rata yang dicapai pada waktu post-test adalah 90,3 dengan jumlah selisih sebesar 17,5 tersebut merupakan sebuah bukti Pengembangan Buku Evaluasi Hafalan Imrithi Pada Pembelajaran Ilmu Nahwu efektif dalam mengatasi permasalahan tersebut dan bisa menambah semangat belajar para santri di Kelas Satu (A) Madrasah Diniyah Pelengkap Tingkat Pertama Untuk Santri Putri Pondok Mambaus Sholihin. Adapun karakteristik utama pada dalam buku ini adalah bersifat interaktif. Untuk tingkat kelayakan buku yang telah dikembangkan, peneliti menggunakan penilaian Uji Validasi. Dengan nilai validitas produk pada aspek kelayakan media diperoleh persentase sebesar 80% validitas produk pada aspek kelayakan materi diperoleh persentase sebesar 85% validitas produk pada aspek kelayakan bahasa diperoleh persentase sebesar 80%.
Downloads
References
Rina Devianty. Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, Vol. 24, No. 2,( Juli-Desember 2017),Hal.227
Abdul kosim Nama-nama Pesantren di Bandung Raya(kajian Sosiolinguistik).kalamuna,vol 2 No,1 (Januari 2021 ), Hal.1
Ismail Suardi Wekke, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim(Yogyakarat:Deepublish,2019),Hal.19
Nailis Sa`adah, “Problematika Pembelajaran Nahwu bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon”,Lisanan Arabiyah, No. 1 (2019), Hal.16
Abu Maskur dan Puji Anto, Metode Pembelajaran Bahasa Asing Arab di Pondok pesesantren Modern., Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol.01, No 01,( Oktober. 2018), Hal. 63-64
Ahmad Shoim El dan Fitri, Al Miftah Lil Ulum sebagai metode kemudahan membaca kitab kuning di Pondok Pesantren Ridwan, Jurnal Twadhu. Vol. 4 No. 2 ,2020, Hal 12
Ali Shodik, Penerapan Metode Hafalan Dalam Meningkatkan Pemahaman Kitab Nahwu Pespektive, Vol. 10 No. 02,( Oktober 2017), Hal. 81
https://www.nu.or.id./pustaka/nazham-imrithi-kitab-praktis-cara-baca-kitab-kuning-HTBbh, Kamis, 30 Maret 2023|20:30 WIB
Abuddin Nata, Prespektif Islam tentang strategi pembelajaran, cet 1 (Jakarta: Kencana, 2009)
Wawancara dengan guru mata pelajaran ilmu nahwu ustadzah silfi haniatus sholihah
Ali maksum, metedologi penelitian dalam olahraga,(surabaya:UNESA Unersity press 2012)h.79
Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d(bandung: alfabeta cv,2019)h.401
Taufi Rusmayana, model pembelajaran addie intregrasi pedati di smk pgri karisma bangsa( desember, 2021)h.35-36
Wiwit Mugi Inayah, Sosial adventure games berbasis RPG maker xp sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VII mater manusia, tempat, dan lingkungan,(yogyakarta:2017) h.4
Wawancara dengan guru mata pelajaran ilmu nahwu ustadzah silfi hanifatush sholihah