وسائل الإختبار لترقية حفظ المفردات لدى طلاب صف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية دفوك

Authors

  • Khoirun Nisa' Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Alfiana Amarol Fitriyani Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.55352/pba.v4i2.1208

Abstract

Abstrak: Proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Depok kurang diminati oleh siswa karena cenderung monoton dan membosankan. Permasalahan yang sering muncul antara lain siswa masih merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran dan sering merasa bosan dengan metode yang disampaikan guru saat mengajar. Oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan media Quizizz untuk meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat agar siswa dapat bermain sambil belajar dalam proses pembelajaran bahasa Arab sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media Quizizz terhadap peningkatan kemampuan menghafal mufrodat pada siswa kelas VII MTs Depok. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif, kemudian beberapa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, tes, dan angeket. Teknik analisis data menggunakan uji-T. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dengan penerapan media Quizizz terhadap peningkatan kemampuan menghafal mufrodat dimana rata-rata hasil pre-test sebesar 48 dan rata-rata hasil post-test sebesar 86 dengan taraf sinifikasi uji-t sebesar 8,89. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa Arab sebaiknya menggunakan metode atau media yang bervariasi dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh siswa. Dengan strategi tersebut, pendidik dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa salah satunya dengan media pembelajaran interaktif yaitu media Quizizz.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Muhamad, Filsafat Pendidikan, Jakarta: PT. Aditya Andrebina Agung, 2023.

Arikunto, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta, 2020.

Arikunto, Prosedur Penelitian, Jakarta, PT. Rineka, 2014.

Arivin, Zainul, Evaluasi Pembelajaran, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2013.

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, PT. Grafindo Persada, 2014.

Hamid, Abdul, H,M, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam, Malang: UIN MALIKI -PRESS.

Riyana, Cepy, Media Pembelajaran, Jakarta Pusat, Direktorat Pendidikan Islam, 2012.

Rosyidi, Wahab, Abdul, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malana: Uin Malang Press, 2009.

Sudjono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2019.

Sumiharsono, Rudy, dan Hasanah, Hisbiyatul, Media Pembelajaran, Jember: CV. Pustaka Abadi, 2018.

Sunardi, Doni, Hubungan Meningkatnya Hasil Belajar Siswa SMP dengan penerapan Media Evaluasi Pembelajaran Inovatif Quizizz, Januari: 2020.

Sutikno, Sobri, Belajar dan Pembelajaran, Lombok: Holistica, 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20, Tahun 2003, Pasal 3, Bab 2, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia, Jakarta: Mahmud Yunus Wadzuhriyah, 2012.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Nisa’, K., & Fitriyani, A. A. (2024). وسائل الإختبار لترقية حفظ المفردات لدى طلاب صف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية دفوك. Kilmatuna: Journal Of Arabic Education, 4(2), 218–226. https://doi.org/10.55352/pba.v4i2.1208