Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab

Authors

  • Khoirun Nisa' Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Ella Cahyani Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Ahmad Abu Nafi Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.55352/pba.v4i1.843

Abstract

Proses pembelajaran bahasa Arab di SDN 2 Sedayulawas masih kurang antusias serta kurangnya semangat peserta didik. Permasalahan yang terjadi antara lain rendahnya hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas V SDN 2 Sedayulawas, selain itu banyak peserta didik yang tidak menyukai mata pelajaran bahasa Arab, karena dianggap kurang menarik, membosankan dan sulit dipahami. Oleh karena itu, peneliti bergerak untuk meneliti salah satu cara pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran. Peneliti menggunakan model Game Based Learning untuk pembelajaran Bahasa Arab Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain one group one design pre-test post-tes. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu semua peserta didik kelas V SDN 2 Sedayulawas yang berjumlah 26 peserta didik dan instrument yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, interview, dan tes

Adapun kriteria penerimaanya adalah terima Ha jika t hit >t table pada x5% dan db=n-1. Berdasarkan keterangan itu, maka hasilnya di dapat nilai t tes adalah 14,952 dan d.b yaitu n-1 = 26-1=25. Sedangkan table T-tes yang menggunakan satu kelompok mengacu pada tingkat angka signifikan 0,05 yaitu 1,708 dan 0,01 yaitu 2,485. Maka kesimpulannya hasil analisis dari perhitungan T lebih tinggi dari pada tarif nilai signifikan dalam table T. hal tersebut dapat di simpulkan bahwa model Game Based Learning dalam peningkatan hasil belajar bahasa Arab mempunyai pengaruh yang sangat signifikan, dan sesuai untuk di pelajari dalam pembelajaran bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta). 2010.

Asrori, Imam. 1000 Permainan Penyegar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Sejahtera. 2017.

Aziz, Annas Nur. Digital Game Based Learning (DGBL) Sebagai Media Pembelajaran Membaca Bahasa Arab Kelas VII. Skripsi. Tidak terbitkan. Fakultas Teknik. UNNES: Semarang. 2017.

Bisri Musthofa & Abdul Hamid, Metode & Strategi pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN Maliki Press). 2012.

Citra, Cahyani Amildah, Brillian Rossy. Kefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Game Edukasi Quiziz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran JPAP. Volume 8, nomor 2. 2020.

Dewi, Nindian Puspa dan Indah Listiowati. Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Resti. Volume 3, Nomor 2. 2019.

Dimyati Dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009), 200.

Em Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia(Semarang: Difa Publisher). 2008.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. (Jakarta: PT. Bumi Aksara). 2004. Hamid, M. Abdul. Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN Malang Press).2008.

Hastjarjo, Dicky. Quasy Experimental Design. Jurnal Buletin Psikologi. Volume 27, Nomor 2. 2019.

Imam Asrori, Muhammad Thohir, M.Ainin, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: Misykat). 2014.

Indah Listiowati dan Nindian Puspa Dewi. Implementasi Game Based Learning pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Resti. Volume 3, Nomor 2, 2019.

Istiqomah. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar pada Siswa MTs Sunan Kalijaga Karang Besuki Malang. 1997.

Madekhan. Posisi dan Fungsi Teori dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 7, Nomor 2. 2018.

Mardiah, Zaqiatul., Nur Hizbullah. Masalah Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah di Jakarta. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Volume 2, Nomor 3. 2014

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Nisa’, K., Cahyani, E., & Nafi, A. A. (2024). Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab . Kilmatuna: Journal Of Arabic Education, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.55352/pba.v4i1.843