Pengembangan Media Kartu Permainan Talk or Dare untuk Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VII Mts Al Ishlahiyah Sukobendu Mantup Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.55352/pba.v4i1.885Keywords:
Pengembangan, Media, Kartu, Permainan, Talk or dare, Ketrampilan berbicaraAbstract
Pengembangan media kartu permainan talk or dare merupakan salah satu Upaya untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa arab siswa, yang mana dengan adanya media kartu permainan ini siswa lebih ditekankan untuk membiasakan diri dengan berbicara Bahasa arab. Pengembangan bahan ajar ini didasari dengan masalah-masalah yang terjadi pada siswa MTs terutama siswa kelas VII, diantara masalah tersebut adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan saat menyampaikan materi, minimnya jenis metode pembelajaran yang digunakan guru, kurangnya minat siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran, kurangnya minat siswa dalam memahami dan mendalami bahasa Arab. Melalui media pembelajaran ini diharapkan bisa memudahkan siswa dalam memahami Pelajaran Bahasa arab dan meningkatkan kemampuan siswa dapat bersemangat Ketika proses pembelajran sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa arabsiswa dalam sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development, yang mengacu pada model sugiyono. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Angket, Dokumentasi, Pre-test dan Post-test. Tingkat kelayakan produk yang dikembangkan, peneliti menggunakan uji validasi. Dengan nilai validasi pengembangan kartu permainan talk or dare dari penilaian ahli materi dan bahasa dengan rata-rata 75% dengan kategori “baik”, sedangkan penilaian ahli desain rata-rata 91% dengan kategori “sangat baik”. Dari hasil validasi tersebut, diketahui bahwa produk yang dikembangkan peneliti layak untuk digunakan.
Downloads
References
Ainin, Moh., Metodologi Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: CV Bintang Sejahtera, 2014.
Al-Munzir , Media Pembelajaran Bahasa Arab, No. 2, November 2014, Vol. 7
Anas Sudjiono, Pengantar Statistik Pendidikan, Depok, Rajawali press, 2018.
Arif S. Sadiman, dkk, Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali, 2003.
Arikunto Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta Rineka Cipta, 2003.
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013.
Asrori,Imam, Moh. Ahsanuddin, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: CV. Bintang Sejahtera, 2015.
Effendy, M. Fuad, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Malang, Misykat, 2012
Eko, Hartanto yang berjudul, Efektivitas Media Pembelajaran Pantomim Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab, Lajnah Arabiyah, vol.1 No.2, Juni 2020.
Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta : Andi Offset, 1994.
Hamid, Abdul, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab untuk Studi Islam,
M.Miftah, Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa, No.2, Desember 2013, Vol.1
Masykur, Rubhan, Nofrizal, Muhamad Syazali, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, 2017.
Nafisah, A. N, Ainin, M, & Tohe A, Pengembangan Kartu Permainan Talk or Dare untuk Pembelajaran Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas V, (JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6)
Rohman, Fathur, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Madani Kelompok Intrans Publishing, 2015.
Setiawaty, M. (2010). Pengembangan kartu kuartet sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Malang.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2019.
Wahab, Abdul Rosyidi dan Mamlu’atul Ni’mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: Uin- Maliki Press, 2016.