Application of Audiolingual Method in Improving Arabic Vocabulary Mastery of Students of Class VIII B MTs Muhammadiyah Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.55352/pba.v4i2.909Keywords:
Penerapan; Metode Audiolingual; Kosakata; Bahasa Arab.Abstract
Abstrak: Penelitian ini mengimplementasikan metode Audiolingual untuk meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa kelas VIII B di MTs Muhammadiyah Kota Bima. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan subjek penelitian berjumlah 27 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi serta dianalisis secara deskriptif, kualitatif, dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Audiolingual, dengan imitasi dan latihan berulang hingga hafal, signifikan meningkatkan penguasaan bahasa Arab siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 68,3% pada siklus 1 menjadi 73,3% pada siklus 2, dengan 20 dari 27 siswa mencapai hasil memuaskan. Tingkat kelulusan klasikal meningkat dari 74% pada siklus 1 menjadi 88,8% pada siklus 2.
Downloads
References
Hanani, Nurul. “Efektivitas Penggunaan Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 14, no. 2 (2022): 246–56. https://doi.org/10.30762/realita.v14i2.250.
Maspalah, Maspalah. “Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 15, no. 1 (2015): 68.
https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v15i1.800.
Muchtar, Ilham. “Peningkatan Penguasaan Mufradat Melalui Pengajian Kitab Pada Mahasiswa Ma’Had Al-Birr Unismuh Makassar.” Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (2018): 14–26. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/1978.
Nana Sudjana, dasar-dasar Proses Mengajar,, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Sardiyanah. “Pendekatan Dan Metode Audio Lingual (Analisis Metode Sam’iyah Safawiyah).” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab Vol. 1, no. No.1 (2019): Hlm. 14-20.
Suharsimi,Arikunto. Prosedur PenelitianSuatu Pendekatan Praktik, Jakarta:Rineka Cipta, 2013.
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta : Rajawali Press, 2015.
Suryani, Repi Mei, Fachrur Razi Amir, and Lilis Fauziah Balgis. “Efektivitas Metode Audiolingual Dalam Peningkatan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 3, no. 1 (2022): 47–56. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4964.
Suryani, Amir, dan Balgis, “Efektivitas Metode Audiolingual Dalam Peningkatan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab,".
Tungkagi, Fika Magfira, Ibadurrahman Ali, and Yuslin Kasan. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Mahasiswa Lulusan Non-Madrasah Di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Iain Sultan Amai Gorontalo.” Al-Fakkaar 3, no. 1 (2022): 1–16. https://doi.org/10.52166/alf.v3i1.2854.