Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19

  • Talkah Talkah Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muslih Muslih Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
Keywords: Inovasi Pembelajaran;, Pendidikan Islam, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak sistemik dan signifikan diseluruh aspek kehidupan, salah satunya pada sistem pendidikan. Perubahan sistem pendidikan terutama pada pembelajaran dituntut untuk berinovasi supaya peserta didik tidak kesulitan untuk menerima materi, terlebih di jenjang Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak, mengingat pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan konvensional dituntut dan dipaksa menjadi pembelajaran jarak jauh atau dilakukan secara daring, pada pelaksanaannya tidak dapat terlepas dari pemanfaatan teknologi informasi berupa inovasi pembelajaran. Jurnal ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana inovasi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19, juga mengkaji mengenai tantangan pendidikan selama masa pandemi Covid-19. Metode yang dipakai adalah literatur bersifat deskriptif-analitis. Hasil dan kesimpulan dalam penulisan ini menunjukkan bahwa, Inovasi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 sangat diperlukan dan menjadi solusi dalam dunia pendidikan terutama di sekolah. Teknologi berperan sebagai media dalam melakukan interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Selain itu teknologi juga berperan dalam memfasilitasi pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran tetap berlangsung meskipun tidak dilakukan secara tatap muka langsung. Pandemi ini mengajak semua elemen khususnya di bidang pendidikan bahwa teknologi sekarang ini telah menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pendidik khususnya pendidik agama Islam, Pendayagunaan teknologi dalam proses pembelajaran menjadi keharusan sehingga proses pembelajaran tidak stagnan dan kaku. Pendayagunaan atau inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus segera dilakukan, terutama dalam metode pembelajaran. Internet sebagai media pembelajaran dapat menjadi alternatif metode pembelajaran pendidikan agama Islam, hal ini bisa dalam bentuk e-learning, atau aplikasi-aplikasi yang memudahkan penyampaian materi pembelajaran, sehingga proses pembelajaran semakin menarik dan tidak membosankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, Rogantina Meri. “Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” Jurnal Ilmiah Research Sains, Vol. 3, No. 1 (2017): 122–29.

Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja. Grafindo Persada, 2008.

Danim, Sudarwan. Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran dan Mutu Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Dian Ariani, “Aktualisasi Profesi Teknologi Pendidikan di Indonesia”, IJCETS: Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, Vol. 5 No. 1 (2017): 4-5. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/ijcets.v3i1.8675

Handarini, Oktafia Ika. and Siti Sri Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19,” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol. 8, No. 3 (2020): 498, https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503. diakses pada 15 Januari 2021.

Hidayat, Dudung Rahmat. et.al, “Pendidikan Agama, Urgensi dan Tantangan”, dalam Mohammad Ali, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imtima, 2007.

Isno, Goze. “Pembelajaran PAI Berbasis ICT”, dalam http://isnoe82.blogspot.com. Diakses pada 16 Januari 2021 pukul 18.05 WIB.

Juanda, “APJII: Indonesia Belum Merdeka Internet,” KOMITE.ID, 2020, dapat diakses pada https://www.komite.id/2020/12/22/apjii-indonesia-belum-merdeka-internet/.

Majid, Abdul. dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Miarso, Yusuf Hadi. et.al., Definisi Teknologi Pendidikan, Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT. Jakarta: Rjawali, 1977.

Munir, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta, 2009.

Nasution, Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara 2005.

Nurdin, Arbain. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Information And Communication Technology”, Jurnal Tadrîs. Volume 11 Nomor 1 (Juni-2016): 56-57.

Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 Tentang pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Salsabila, Unik Hanifah. et al., “Peran Teknologi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19”, Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. Vol. 17 No. 2. (Desember-2020).

Sudjana, Nana. dan Ahmad Rivai, Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, 1989.

Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Bandung: CV Alfabeta, 2010.

Surat Edaran Kemendikbud RI nomor 3 tahun 2020 mengenai pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) pada satuan Pendidikan.

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Published
2021-01-31
How to Cite
Talkah, Talkah, and Muslih Muslih. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19”. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (January 31, 2021): 16-26. Accessed May 12, 2021. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/136.
Section
Articles