Manajemen Strategik Keuangan Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Ma’arif NU (BP3NU) Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan

  • Nanang Ari Ardiansyah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Abdullah Zawawi Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
Keywords: Strategi, Manajemen, Keuangan, Lembaga Pendidikan

Abstract

Salah satu faktor lambatnya perkembangan dan kemajuan suatu lembaga pendidikan adalah kurangnya kemampuan pengelola lembaga pendidikan dalam melaksanakan perencanaan strategik lembaga secara keseluruhan. Banyak lembaga pendidikan dalam menyusun suatu perencanaan strategik hanya sebatas formalitas belaka, bukan sebagai wujud acuan dalam mengelola lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan Islam pada aspek manajemen begitu lemah sehingga perlu perbaikan, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya. Artikel ini membahas tentang manajemen strategik keuangan oleh Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Ma’arif NU (BP3MNU) Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan serta kendala dan solusi yang ada dari manajemen strategik keuangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data dan analisis dengan metode deskriptif yang disesuaikan dengan Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama’ (BP3MNU) Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan Jawa Timur, data dikumpulkan dengan cara wawancara secara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Tekhnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Keabsahan validasi data dilakukan dengan cara triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penemuan penelitian menunjukan adanya beberapa kegiatan: 1) Perencanaan strategik keuangan. 2) Pelaksanaan manajemen strategik keuangan 3) Evaluasi manajemen strategik keuangan. Kendala yang dihadapi oleh BP3MNU Mazra’atul Ulum dalam manajemen strategik keuangan, diantaranya : 1) Ada pengurus kurang jeli  dan kurang matang 2) Pelaksanaan manajemen strategik belum sesuai 3) Pelaksanaan meeting dilaksanakan tanpa melihat agenda yang ada. Dan solusi yang diterapkan untuk mengatasi hal di atas dengan memberikan motivasi dan pemahaman mengenai fungsi dan prefesionalitas pengurus dalam bentuk workshop atau seminar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexandri, Moh Benny. 500! Soal Manajemen Keuangan yang Paling Sering Dinyatakan dan Pemecahannya Disertai Pembahasannya. Bandung: Alfabeta, 2006.
Hasta, Ahmad. Tafsir Al Qur’an Perkata. Jakarta: Maghfiroh Pustaka, Cetakan Ketiga, Oktober 2009.
Irani, Ulfah., & Muniarti “Implementasi Manajemen Strategik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Pada SMA N 10 Fajar Harapan”, Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 4, No. 1, November 2014.
Mulyono. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Group, 2008.
Prawirosentono, Suyadi., & Dewi Primasari, Manajemen Stratejik dan Pengambilan Keputusan Korporasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Solihin, Ismail. Manajemen Strategik. Bandung: Erlangga, 2012.
Suad, Husnan. dan Eny Pudjiastuti, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2006.
Sujdana, Ridwan S., Inge Barliana dan Dharma Putra Sudjaja. Manajemen Keuangan Buku 1. Jakarta: Literata Jenderal Dunia Ilmu, 2003.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2007.
Suryabrata, Sumadi Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali, 1987.
Wawancara
Abdul Ghoni Manan, Wawancara, Lamongan 15 Juli 2020. Pada 19.15-20.15 WIB
Ihsanuddin, Wawancara, Lamongan 25 Agustus 2020. Pada 08.30-10.15 WIB
Nurul Huda, Wawancara, Lamongan 15 Juli 2020. Pada 19.15-20.15 WIB
Ahmad Farid, Wawancara, Lamongan 19 Agustus 2020. Pada 08.15-10.15 WIB.
Published
2021-01-31
How to Cite
Ardiansyah, Nanang Ari, and Abdullah Zawawi. “Manajemen Strategik Keuangan Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Ma’arif NU (BP3NU) Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan”. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (January 31, 2021): 40-51. Accessed May 15, 2021. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/148.
Section
Articles