Strategi Kepala Madrasah dalam Implementasi Ujian Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer di MI Mambaul Ulum Desa Mayong Karanggeneng Lamongan

  • Laili Nusrotin Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
  • Sutopo Sutopo Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan
Keywords: Digitalisasi, Pendidikan, Evaluasi, Belajar

Abstract

Komputerisasi di dunia pendidikan menjadi sebuah keniscayaan masa depan sistem pendidikan di Indonesia. Hal tersebut tidak hanya pada manajemen ketenagaan saja melainkan pula pada aspek-aspek lain. Aspek yang kian meluas adalah pada sistem evaluasi atau penilaian pada proses belajar mengajar dan hasil belajar peserta didik. Bentuk komputerisasi pada sistem evaluasi atau penilaian tersebut berupa program ujian sekolah yakni dalam bentuk Ujian Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UMBN-BK). Implementasi program tersebut pada tataran teknis butuh persiapan yang luar biasa, karena masih belum meratanya pendidikan di Indonesia, baik dari segi fasilitas atau sarana dan prasarana yang ada serta mutu dari sumber daya manusianya dalam hal ini pendidik dan tenaga kependidikan baik pada sekolah negeri dan swasta. Sebagai sebuah program yang harus diimplementasikan, maka  Ujian Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UMBN-BK) butuh sebuah strategi yang harus dilaksanakan oleh pimpinan lembaga pendidikan. Oleh karenanya penelitian ini dilakukan. Hasil dari penelitian ini, bahwa strategi kepala MI Mambaul Ulum Mayong Karangbinangun Lamongan melalui dua tahap, yaitu pemenuhan perangkat komputer yang dipakai oleh peserta didik, kemudian pembinaan secara teknis. Adapun kendala pada pemenuhan perangkat komputer yang dipakai oleh peserta didik, yakni terbatasnya dana anggaran, ruangan yang kurang memadahi, kurang terawatnya komputer lama, sedangkan pada kendala pembinaan secara teknis terbatasnya sumber daya manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, Hasan. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2014.
Efferi, Adri “Mengelola Lembaga Pendidikan di Era Global (Pergeseran Paradigma Bisnis Menjadi Bisnis)” Quality: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3 Nomor 1, (Juni, 2015): 6.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Buletin BSNP: Media dan Dialog Standar Pendidikan, Volume 8, Nomor 1, (Maret, 2018): 3-5.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
Mukarromah, Oom. “Peran Teknologi Pendidikan Islam pada Era Global”, AN-NIDHOM, Volume 1, Nomor 2, (Juli-Desember 2016): 104.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 43 tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ujian Yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional Pasal 14 Ayat (1) dan (2).
Suhardin, Yahanes. “Peranan Negara dan Hukum dalam Memberantas Kemiskinan dengan mewujudkan Kesejahteraan Umum”, Jurnal Hukum dan Pembangunan, Volume 42, Nomor 3 (Juli-September 2012): 303.
U. S., Supardi. “Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi”, Jurnal Formatif, Volume 2, Nomor 2, (Agustus, 2012): 116-118. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.92.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Suryabarata, Sumadi. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali, 1987.
M. Munif, Wawancara, Lamongan 21 Maret 2020, Pada 09.00 – 10.00 WIB.
Published
2021-01-31
How to Cite
Nusrotin, Laili, and Sutopo Sutopo. “Strategi Kepala Madrasah Dalam Implementasi Ujian Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer Di MI Mambaul Ulum Desa Mayong Karanggeneng Lamongan”. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (January 31, 2021): 61-71. Accessed May 15, 2021. https://ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/149.
Section
Articles